Analisis Pengaruh Variabel Keuangan dan Non Keuangan terhadap Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018

Jhoni Gunawan, Tri Gunarsih

Abstract


Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan penawaran saham perdananya kepada masyarakat luas. Fenomena yang terjadi ketika akan melakukan IPO pada umumnya adalah underpricing. Underpricing adalah kondisi yang menunjukkan bahwa harga saham di pasar primer lebih rendah dibandingkan hari pertama di pasar sekunder. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara variabel keuangan dan non keuangan terhadap underpricing saham. Faktor-faktor yang diteliti adalah debt to equity ratio, return on equity, reputasi underwriter, tingkat inflasi dan kurs rupiah. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana di BEI periode 2016-2018. Sampel yang digunakan sebanyak 99 perusahaan yang didapat melalui metode purposive sampling dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel keuangan dan non keuangan secara simultan berpengaruh terhadap underpricing saham. Secara partial hasil penelitian pada variabel keuangan debt to equity ratio dan return on equity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing. Variabel non keuangan reputasi underwriter dan kurs rupiah terbukti secara partial berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing saham dengan tingkat signifikansi 5%. Sedangkan variabel non keuangan inflasi tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing.


Keywords


IPO; Underpricing; Keuangan dan Non Keuangan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Gatot Nazir., Indriyanti, Isti., Buchdadi, Agung Dharmawan. (2013). Pengaruh DER, ROI, Current Ratio Dan Rata-Rata Kurs Terhadap Undepricing Pada Initial Public Offering Studi Kasus Pada Perusahaan Non Keuangan Di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 4, No. 2, Hal 151-166 2013.

Alviani, D., dan Lasmana, A. (2015). Analisis Rasio Keuangan ROA, ROE, Price Earning Ratio Terhadap Underpricing Saham Perdana. Studi Kasus: Perusahaan yang Melakukan IPO di BEI Periode 2008- 2011. Jurnal Akunida, 1(1), Hal 1–8.

Asari, Hestytia Nirmala., Juanda, Ahmad., Suprapti, Eny. (2014). Pengaruh Financial Leverage, ROI, ROE, Reputasi Auditor, Dan Reputasi Underwriter Terhadap Tingkat Underpricing Saham Pada Saat IPO Di BEI. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan. April 2014. Vol.4 No. 1, Hal 545-554.

Bachtiar, Akbar Wahyu. (2012). Analisis Variabel–Variabel Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Saat IPO di Bursa Efek Indonesia Periode 2008–2010. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan .Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.

Baron, D .(1982). A Model of Demand for Invesment Banking Advising and Distribution Services for New Issues ; Journal of Finance. Vol. 37, No. 4, Page 955–976.

Beatty, Randolph, P. (1989). “Auditor Reputation and the Pricing of Initial Public Offerings?. Accounting Review. Vol. LXIV No. 4, Page. 693-707.

Brigham, F Eugene dan Joel, F Houston. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1. (Edisi Kesepuluh). Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. (2019). E-Book Panduan Go Public. Hal 1-10. https://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/Information/ForCompany/Panduan-Go-Public.pdf. Diakses pada tanggal 29 Desember 2019.

Bursa Efek Indonesia. (2019). Prospektus. https://www.idx.co.id/perusahaan- tercatat/prospektus/ Diakses pada tanggal 17 Oktober 2019.

Bursa Efek Indonesia. (2019). Indonesia Capital Market Directory. https://www.idx.co.id/data- pasar/laporan-statistik/ringkasan-performa-perusahaan-tercatat/ Diakses pada tanggal 18 Oktober 2019.

Bursa Efek Indonesia. (2019). Fact Book. https://www.idx.co.id/data-pasar/laporan-statistik/fact- book/ Diakses pada tanggal 24 Oktober 2019.

Diasih., Ni Putu Pradnya. Wahyuni., Made Arie. Herawati., Nyoman Trisna. (2017). Menguji Informasi Prospektus Dan Kondisi Ekonomi Makro Terhadap Lebih Tingginya Penawaran Investor Pada Saham Emiten Di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Melakukan Ipo Tahun 2012-2016). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 8 No: 2 Tahun 2017.

Darmaji, Tjiptono., & Fakhruddin, Hendy M. (2012). Pasar Modal Indonesia. (Edisi Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunarsih. Tri., Handayani, Wulan., Wijayanti, Lilis Endang. (2014). Pengaruh Pengungkapan Intellectual capital Dan Kepemilikan Institusi Terhadap Underpricing Pada Penawaran Umum Perdana. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol.15, No.1, Hal 85 – 101.

Hanafi, M. (2004). Manajemen Keuangan. Yogyakarta : BPFE.

Handayani, Sri Retno. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Pada Penawaran Umum Perdana (Studi Kasus Pada Perusahaan Keuangan yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta Tahun 2000-2006). Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Hal 15-16.

Hapsari, Venantia Anitya. (2012). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Umum Perdana Di BEI Periode 2008–2010. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang, Hal 22-23.

Hartono, Jogiyanto. (1998). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta. BPFE UGM.

Noviani, Chaerun Nisa. (2017). Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus pada Perusahaan Non Perbankan Periode 2010-2016). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Haska, D. (2017). Pengaruh Risiko Investasi, Return On Equity (ROE) dan Proceeds Terhadap Underpricing Dengan Reputasi Underwriter Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang IPO di BEI Periode 2010-2014. JOM Fekon, Vol 4, Hal 1–14.

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. E-Book Pasar Modal Seri Literasi Keuangan Perguruan Tinggi. Vol. 3, Hal 13-93. Pusat Informasi Go Public Bursa Efek Indonesia. (2019). https://gopublic.idx.co.id/2016/06/22/proses-go-public/. Diakses pada tanggal 29 Desember 2019.

Permanisuci, Diah Dewi. (2015). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Ipo Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 - 2013. Jurnal Manajemen, Vol. 5, No. 1.

Rachmadhanto D., Tri dan Raharja. (2014). Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan dan Kondisi Ekonomi Makro terhadap Tingkat Underpricing Saat Penawaran Umum Perdana (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 -2011). Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 3, No. 4, Hal 1-12.

Ratnasari, Anggita dan Gunasti Hudiwinarsih. (2013). Analisis Pengaruh Informasi Keuangan, Non Keuangan Serta Ekonomi Makro Terhadap Underpricing Pada Perusahaan Ketika IPO. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 18, No. 2, Hal 85-97.

Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. (Edisi Keempat). Yogyakarta: BPFE.

Rosyidah, Lailatur. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Reputasi Underwriter Dan Reputasi Auditor Terhadap Tingkat Underpricing. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 2 No. 3 Hal 965-978.

Rock, Kevin. (1986). Why New Issues are Underprice. Journal of Financial Economics. Vo. 15, No. 1; Page 187–212.

Saefudin dan Gunarsih. (2018). Apakah Faktor Eksternal Memprediksi Underpricing Lebih Baik Dibandingkan Faktor Internal?. Studi Initial Publik Offering Di Bei Tahun 2009-2017.

Saifudin dan Rahmawati, Dia. (2016). Pengaruh Informasi Akuntansi Dan Non Akuntansi Terhadap Underpricing Ketika Initial Public Offering Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No (1), 2016,Hal.33–46.

Samsul, Mohammad. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Portopolio. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Subramanyam dan John J. Wild. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Sulistyawati, Putu Iin dan I Gede Ary Wirajaya. (2017). Pengaruh Variabel Keuangan, Non Keuangan Dan Ekonomi Makro Terhadap Undepricing Pada IPO Di BEI. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.20.3. Hal 1848-1874.

Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. (Edisi Enam). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. (Edisi Pertama). Yogyakarta: Kanisius.

Tinic, Seha M. (1988). Anatomy of Initial Public Offerings of Common Stock. The Journal of Finance. Vol. XLIII, NO. 4 Sept 1988. Page 791-793.

Undang-Undang No.8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.

Wahyusari, Ayu. (2013). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham Saat IPO di BEI”. Accounting Analysis Journal. Hal 386-392.

Wibowo, Dicky Satrio. (2005). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Perbankan Yang IPO Periode 1999-2003. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.

Wijaya, Kukuh Risa. (2013). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Initial Public Offering. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Jember, Jember.

Witjaksono, Lydia Soeryadjaya. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fenomena Underpricing Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2002-2010. Jurnal Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol 1, Hal 33-37.

Yandes, Jufri. (2013). Fenomena Underpricing Saham Yang Dipengaruhi Faktor Internal Dan Eksternal (Studi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2007-2010). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Yahoo Finance. (2019). Historical Data. https://finance.yahoo.com/. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2019.

Zainudin, Adi Mohammad. (2014). Analisis Pengaruh Informasi Keuangan Dan Informasi Non Keuangan Terhadap Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.35917/tb.v20i2.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 1411-6375. joomla visitors View My Stats