Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Natural Nusantara di Gunungkidul

Anik Rini Astuti, Eka Sudarusman

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of Product Quality, Price, and Brand Image on Customer Loyalty (Study on Customers of Natural Nusantara Cosmetics Product Users in Gunungkidul). The sampling technique has used a Non-Probability model used was the purposive sampling method. The sampling criteria in this study were that some customers of Natural Nusantara cosmetics users in Gunungkidul, had purchased Natural Nusantara cosmetic products at least twice. The sample in this study were 100 respondents, The data analysis method used Multiple Regression, Y = 15.163 + 0.212X1 + 0.433X2 + (-0.006X3). The results showed that product quality and price had a positive and significant effects on customer loyalty of Nusantara Natural Cosmetics users in Gunungkidul, so H1 and H2 was accepted. While brand image had a negative and had no significant effect on customer loyalty of users of Natural Nusantara Cosmetics products in Gunungkidul, so H3 is rejected.

Keywords


Kualitas Produk; Harga; Citra Merek; Loyalitas Pelanggan

References


Adawiah, R., dkk. 2015. Pengaruh Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Produk Kosmetik. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako. Volume 1 (3) : 271-278. Diakses pada 25 September 2019.

Amryyati Ruth, dkk. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan, Produk, Dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Lnc Skin Care Singaraja Fakultas Ekonomi, Universitas Udanaya. E-jurnal Ekonomi dan bisnis Universitas Udanaya. Diakses pada 25 Oktober 2019.

Astri, Novela Sari Adi. 2019. Daya Tarik Terhadap Kosmetik Merek Emina. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 15 Oktober 2019.

Gadau, Matias. 2016. Pengaruh Citra merek(Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (Skripsi). Diakses pada 25 Oktober 2019.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Edisi 9. Universitas Diponegoro: Semarang.

https://stockistnasa.net . Diakses pada 30 September 2019.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Ani dan Yulianto, Edy. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Survai Pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya 54 (1) : 74-81. Diakses pada 30 September 2019.

Minawanti, Azria R. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Pelanggan Wardah di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 25 September 2019.

PT. Natural Nusantara. 2017. Katalog Produk Natural Nusantara, 1: 1-106.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi.

Setianingsih, Putri. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Navagreen Natural Skin Care Yogyakarta. Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (Skripsi).

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

Wasiman. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Perusahaan Property Di Kota Batam. Universitas Putera Batam. 122-129. Diakses pada 26 September 2019.

Wiyono, Gendro. 2011. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.35917/tb.v20i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 1411-6375. joomla visitors View My Stats