Pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Hanasui Pada Kalangan Gen Z di TikTok Shop
Indonesia
Keywords:
Brand Ambassador, Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth dan Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian skincare Hanasui pada kalangan Gen Z di TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dapat membantu peneliti dalam menentukan sampel penelitian . Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 106 responden. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Data penelitian ini diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Brand Ambassador memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Hanasui pada kalangan gen Z di TikTok Shop, (2) Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Hanasui pada kalangan gen Z di TikTok Shop, (3) Kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Hanasui pada kalangan gen Z di TikTok Shop.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, 438–459. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111
Anggraeni, E. D. (2020). Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Pada Konsumen Produk Pembalut Charm Di Kota Depok. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 419–433. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.148
Annisa Farhanah, & Achmad Mufid Marzuqi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Herbal Beauty di Kabupaten Sukoharjo. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Humaniora, 3(2), 107–123. https://doi.org/10.54622/academia.v3i2.60
Azwa, H., Irwan, M., & Nasution, P. (2023). Manfaat Sistem Informasi Dalam Manajemen Pemasaran Produk Melalui Tiktok. Journal of Informatics and Bussines, V(03), 201–204.
Cahyani, M., & Ghazali, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc Universitas Bina Sarana Informatika , Indonesia oleh peneliti yaitu Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembe. 2019(4).
CNBCindonesia. (2024). Avoskin & Hanasui Laris Manis di Tengah Heboh Overclaim Skin Care. CNBCindonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20241107112826-128-586401/avoskin-hanasui-laris-manis-di-tengah-heboh-overclaim-skin-care
Devi Apriliani, K. A. H. (2023). Pengaruh, Analisis Awareness, Brand Dan, Brand Association Ambassador, Brand Keputusan, Terhadap Pada, Pembelian Kunci, Kata. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. Universitas Stikubank Semarang, 6(2), 1991–2004.
Fajri, M. M. (2024). Nilai Pendapatan Industri Kosmetik Indonesia Capai USD8,09 pada 2023. Infopublik.Id. https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/889615/nilai-pendapatan-industri-kosmetik-indonesia-capai-usd8-09-pada-2023?
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10 th). Semarang: Badan Penerbit Diponegoro.
Goyette, I., Ricard, L., Bargeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM scale: Word of Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 5-23.
Greenwood, Lea, & Gaynor. (2012). Fashion Marketing Communications E-book. Somerset,NJ,USA: Wiley.
Hair, joseph F. J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (Sixth Edition). In Gedrag & Organisatie (Vol. 19, Issue 3). https://doi.org/10.5117/2006.019.003.007
Hurlock E. B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke 5). Jakarta: Erlangga.
Inilahkoran.id. (2023). Pasar Skincare di Indonesia Diprediksi Tumbuh 8,9 Persen Hingga 2026. Inilahkoran.Id. https://www.inilahkoran.id/pasar-skincare-di-indonesia-diprediksi-tumbuh-89-persen-hingga-2026?
Kamil, R., & Laksmi. (2023). Generasi Z, Pustakawan, dan Vita Activa Kepustakawanan. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 9008(105), 25–34. https://doi.org/10.55981/baca.2023.1119
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Pearson Education, Inc.
Laili, F. M., Hariasih, M., Maya, H., Sari, K., Manajemen, P. S., & Sidoarjo, M. (2024). The role of brand ambassador, brand image and price on. 7, 2876–2888.
Monita, R. (2024). Hanasui Pilih Nagita Slavina Jadi Brand Ambassador, Angkat Kampanye #PilihanMamaGigi. Marketeers.Com. https://www.marketeers.com/hanasui-pilih-nagita-slavina-jadi-brand-ambassador-angkat-kampanye-pilihanmamagigi
Novita, D., Andriani, J., & Yuliani, N. (2021). Influence Of Brand Image And Word Of Mouth Communication On Purchase Decision In Tiktok Shop. Science Proceedings), 02(1), 637–641. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH
Rossiter, Percy, & Bergkvist. (2018). Marketing Communications. Jakarta: Gramedia.
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168
Salsabila, F., & Fitria, S. (2023). Analisis Perkembangan Bisnis Skincare Dengan Menggunakan Live Streaming Tiktok Sebagai Media Promosi (Studi Pada Brand Skincare Lokal Alldays). Diponegoro Journal of Management, 12(4), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/41827%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/41827/30209
Selfiana, H., Susanti, R., & Riyadi, U. S. (2024). Pengaruh Brand Ambassador , Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina Pond ’ s observasi bahwa wilayah Surakarta sering adanya event terkait produk Emina , mulai dari Beauty Event Day 2023 yang diselenggarakan di At. 2(5), 12–25.
Setiyadi, I. nur. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Social Media Marketing, E-WOM, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Alzena Di Kabupaten Pati. Jurnal Manajemen, 8(2), 122–136. http://www.maker.ac.id/index.php/maker
Sisiplus.katadata.co.id. (2024). Keputusan Gen Z untuk Belanja Dipengaruhi oleh TikTok dan Influencer. Sisiplus.Katadata.Co.Id. https://sisiplus.katadata.co.id/berita/gaya-hidup/1753/keputusan-gen-z-untuk-belanja-dipengaruhi-oleh-tiktok-dan-influencer?.com
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D (19 th ed). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (3rd ed (ed.)). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ulya, R. N., Rachma, N., & Primanto, A. B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Ria Ricis Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasisiwi FEB Angkatan 2019 Universitas Islam Malang Pengguna Avoskin). EJRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 1519–1529. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/15614%0Ahttp://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/download/15614/11837
Usman, D. M., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). Peran Influencer, Fitur Live Streaming dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote pada Aplikasi Tik Tok. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5), 3750–3765. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.206.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Alfiani Diah Rahmawati, Nur Rokhman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
