Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Pembelian Ulang melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Isnain Kharolina STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Ralina Transistari STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35917/cb.v2i2.259

Keywords:

experiential marketing, repurchase intention, satisfaction

Abstract

This study aims to analyze the effect of experiential marketing on consumer repurchase intention in a café, either directly or mediated by customer satisfaction. Sampling with non probability sampling method using purposive sampling technique. The number of respondents as many as 135 people who are consumers of Cafe MJ in Purwokerto. The data analysis method in this research is Path Analysis. The results showed that experiential marketing has a positive effect on customer satisfaction, experiential marketing has no effect on repurchase intention, customer satisfaction has a positive effect on repurchase intention, and experiential marketing has an indirect effect on repurchase intention through customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisaputro, Gunawan, 2019, Manajemen Pemasaran: Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Andreani, Fransisca, 2007, Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran), Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2, No.1, p.1-8.

Augusty, Ferdinand, 2006, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Blackwell, R.D., Miniard, P.W., and Engel, J.F., 2006, Consumer Behavior, 10th edition, Mason: Thompson South-Western.

Cannon, J.P., dkk, 2008, Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global, edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Fajryanti, V., dan Faridah, N., 2018, Pengaruh Experiential Marketing dan Persepsi Nilai terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan ( Studi pada Penumpang Kereta Api Argo Bromo Anggrek), Diponegoro Journal Of Social And Politic, Vol.7, No.4, p.1-8.

Febrini, I.Y., Widowati, R., dan Anwar, M., 2019, Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Warung Kopi Klotok Kaliurang Yogyakarta, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.10, No.1, p.35-54.

Ghozali, Imam, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Izdhihar, A.N., 2018, Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Pembelian Ulang di Waroeng Spesial Sambal Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol.7, No.3, p.243-251.

Kartajaya, Hermawan, 2007, Kartajaya on Selling Seri 9 Elemen Marketing, Bandung: Penerbit Mizan Pustaka.

Kotler, P., dan Keller, K.L., 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Jakarta: Erlangga.

Kurniyawati, W., Rahadhini, M.D., dan Wibowo, E., 2018, Pengaruh Experiential Marketing terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Konsumen Wedangan di Mojosongo Surakarta), Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol.18, No.1, p.13-23.

Octaviana, R.A., dan Nugrahaningsih, H., 2018, Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Membeli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada PT. Meratus Line Jakarta), Jurnal Media Manajemen Jasa, Vol.6, No.2, p.57-72.

Olii, K.R.R., dan Nurcaya, I.N., 2016, Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing terhadap Pembelian Ulang Tiket Pesawat pada PT Jasa Nusa Wisata Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5, No.8, p. 4835-4864

Pranoto, R.G., dan Subagio, H., 2015, Analisa Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Satisfaction pada Konsumen di Rosetta’s Cafe & Resto Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol.3, No.1, p.1-9.

Rahayu, D., Kumadji, S., dan Kusumawati, A., 2016, Experiential Marketing dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Pembelian Ulang (Survei pada Pelanggan Warung Coto Abdullah Daeng Sirua, Kota Makassar), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol.35, No.2, p.197-203.

Sangadji, E.M., dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Andi Offset.

Schmitt, B.H., 1999, Experiential Marketing: How To Get Customers To Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands, New York: The Free Press

Smilansky, Shaz, 2009, Experiential Marketing: A Practical Guide to Interactive Brand Experiences, London and Philadephia: Kogan Page.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryati, Lili, 2015, Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Yogyakarta: Deepublish.

Tjiptono, Fandy, 2014, Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein, 2005, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Widarjono, Agus, 2018, Analisis Regresi dengan SPSS, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wijaya, P.E.S.A., dan Supama, G., 2017, Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Experiential Marketing terhadap Repeat Purchase pada Mangsi Coffee di Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.6, No.10, p.5432-5459

Wiyono, Gendro, 2011, Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0., Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Yan, W.S., dan Yu, C.H., 2013, Factors of Influencing Repurchase Intention On Deal-of-the-day-group-buying Website, Hongkong Baptist University, Hongkong, https://scholar. google.co.id, diakses 13 November 2019.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Kharolina, I., & Transistari, R. (2022). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Pembelian Ulang melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 185. https://doi.org/10.35917/cb.v2i2.259

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.