Pengaruh Price, Poduct Knowledge, Online Customer Review, dan Brand Image terhadap Pembelian Sunscreen Azarine oleh Generasi Z pada E-commerce Shopee

Authors

  • Mita Nurmala Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Ralina Transistari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Ilman Taufiq Lazuardy Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Price, Product Knowledge, Online Customer Review, Brand Image, Purchasing Decision

Abstract

This research aims to analyze the influence of price, product knowledge, online customer review, and brand image on the purchasing decision of Azarine sunscreen by generation Z on Shopee e-commerce. The research employs a purposive sampling method to select respondents, resulting in a sample size of 105 respondents. The study utilizes descriptive analysis and multiple liniear regression analysis to examine the data. Primary data were collected through questionnaire distribution and processed using SPSS software. The findings reveal that : (1) price has a positivde influence on the purchasing decision of Azarine sunscreen by generation Z on Shopee, (2) product knowledge has a positivde influence on the purchasing decision of Azarine sunscreen by generation Z on Shopee, (3) online customer review has a positivde influence on the purchasing decision of Azarine sunscreen by generation Z on Shopee, and (4) brand image has a positivde influence on the purchasing decision of Azarine sunscreen by generation Z on Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. B. N., & Dermawan, R. (2024). Pengaruh Online customer review, Pengetahuan Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitenning pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4), 4788–4796. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i4.1036

Alfikaromah, L., & Nurhidayati, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Kebutuhan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Murabahah Mikro Di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 3(2), 161–174. https://doi.org/10.30739/jpsda.v3i2.2217

Anggraini, N. P. N., Restuningtyas, Y. A., & Jodi, W. G. A. S. (2023). Pengaruh Citra Merk, Desain Produk, dan Online Customer Review Pada Keputusan Pembelian Online. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(2), 87–96. https://doi.org/10.38076/ideijeb.v4i2.196

Anggraini, W., Permatasari, B., & Devita Putri, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputiusan Pembelian di TikTok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Jurnal TECHNOBIZ, 6(2), 2655–3457.

Anggreni, L., Sherly Anzaini, M., Metta Tirtha, R., Evelyn Felicia, N., & Charitas Palembang, M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di E-commerce Menggunakan Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 343–353. https://doi.org/10.5281/zenodo.10257418

Aulia, T., Ahluwalia, L., & Puji, K. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga terhadap keputusan pembelian pada E-commerce Shopee di Bandar Lampung. In SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology (Issue 2).

Cahya, B. T., Restuti, D. P., Safitri, A. A., & Veno, A. (2023). Analisis Minat Pembelian Secara Online Ditinjau dari Online Customer Review, Online Customer Rating dan Kualitas Website (Studi pada Mahasiswa Pengguna shopee.co.id). Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis. 8(2), 41–52.

Dian, M. (2022, September). Berawal Dari Produk Salon dan Spa, Ini Cerita Cella Vanessa Tentang Perjalanan Azarine Cosnmetics. https://www.soco.id/post/beauty/63212791f4f0836844730ddb/interview-cella-vanessa-azarine

Fauzi, R. U. A., Esmike, M., & Ardiningrum, A. R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 14(1).

Farhan, H. P., Saputra, A., & Devialesti, V. (2025). Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yoshinoya. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 120–127.

Febriantari, D. S., Mulyono, L. E. H., & Dakwah Mujahid. (2023). Vol 2 No.3 Sept Pengaruh Influencer Marketing, Application Quality, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gen-Z Melalui Shopee. Jurnal Riset Pemasaran, 2(3), 1–9. https://doi.org/10.29303/jrp.v2i3.3273

Febyana, S. D., Mulyono, L. E. H., & Dakwah, M. M. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk Dan Product knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik BLP Beauty (Studi Pada Mahasiswi Di Kota Mataram). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 9(1), 68–73.

Fransiska, I., & Madiawati, N. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee di Bandung. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 6(1), 3340– 3353.

Gabryella, C., Setyabudi, D., & Naryoso, A. (2024). Pengaruh Intensitas Menonton Live Streaming Tiktok Live dan Product Knowledge di TikTok Shop Terhadap Minat Beli Gen Z Pada Produk Fashion. Interaksi Online , 12(2), 122–134. https://fisip.undip.ac.id/

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10.

Gravina, E., & Angelica, H. (2024). Pengaruh Online customer review Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Di Shopee. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 3(1), 131–145. https://doi.org/10.59031/jkpim.v3i1.524

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis Eight Edition. www.cengage.com/highered

Hasanah, N., Maduwinarti, A., & Mulyati, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Pada Masyarakat di Kota Surabaya. SOSIALITA, 2(2), 1633–1646.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 69–81.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen. 6(1). 31-42.

Kari, D. (2024, November 4). Statistik Pendapatan dan Penggunaan Shopee (2024). https://www-businessofapps-com.translate.goog/data/shopee-statistics/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociola. Jurnal Mirai Management, 6(1), 139–154. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.139

Mubarak, M. F., Basalamah, S., & Perdana, A. H. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Makassar. YUME : Journal of Management, 7(1), 279–292. www.statista.co

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195.

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). The Effect Of Online Customer Review, Quality Product, and Promotion On Purchase Decision Through Shopee Marketplace (A Case Study Of USBI Student). Procuratio. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–

450.http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATI O /index

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com

/index.php/msej

Panjaitan, G. M., & Simanjuntak, M. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gen Z; Analisis Strategi Brand Awareness, Loyalitas, Dan Organisasi Pemasaran. Jurnal Spektrum Ekonomi, 7(12), 194–206.

Pamungkas, N. L., Ibdalsyah, & Triwoelandari, R. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Celebrity Endorser, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 111–125.

Pandiangan, K., Masiyono, & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity, Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, dan Brand Loyalty. JMT (Jurnal Ilmu Manajemen Terapan), 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (9th ed.). McGraw-Hill/Irwin.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode-Penelitian-Kuantitatif. Pascal Books: Tangerang Selatan.

Purnomo, E. C. (2024). Pengaruh Promotion Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mocacino Pada Toko Meisya di Sampit. Open Jurnal System, 18(12), 3297–3312.

Puspaningrum, S., & Walujo, H. D. (2021). Influence Of Brand image And Product knowledge On Purchase Decision (Study on Consumers of Holland Bakery Pandanaran Semarang) Pengaruh Brand image Dan Product knowledge Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Holland Bakery Pandanaran Semarang). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 168–173.

Putri, S. H. D. E., & Saputra, A. (2023).Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Two Way Cake di Kota Batam. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71.

Rahmawati, S., & Supriyono. (2024). The Influence Of Product Knowledge and Brand Image On Purchasing Decisions of Pounds Facial Wash Products On Shopee in Surabaya City. Costing: Journal of Economics, Business, and Accounting, 7(5), 4428-4437

Rania, D. (2024, July 20). Top 10 Daftar Produk Terlaris di Shopee 2024 Paling Banyak Dicari. https://jubelio.com/top-9-daftar-produk-terlaris-di-shopee- 2024-paling-banyak-dicari/

Restuti, N., & Kurnia, M. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Marketplace Shopee. Borobudur Management Review , 2(1), 24–40.

Salsabilla, R. (2024, August 7). Gen Z dan Milenial Kompak Rela Habiskan Rp300 Ribu Demi Skincare. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240807152050-33-561161/gen-z- dan-milenial-kompak-rela-habiskan-rp300-ribu-demi-skincare#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20penelusuran%20terhadap%20data, belanja%20produk%20kecantikan%2C%22%20sambungnya.

Santika, E. (2024, June 8). Shopee, e-commerce yang Paling Diandalkan Gen Z dan Milenial Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/887c3d33f84f194/shopee-e-commerce-yang-paling-diandalkan-gen-z- dan-milenial-indonesia

Sinulingga, N. A., & Sitohang, H. T. (2021). Perilaku Konsumen : Strategi dan Teori . IOCS Publisher .

Sari, D. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan , 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4

Septyani, N. L. P., & Pratiwi, K. A. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Kota Denpasar pada E-commerce Shopee Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(6), 1153–1163.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.).

Sulaiman, N. A., Dipoatmodjo, T. S. P., Haeruddin, M. I. W., Musa, M. I., & Natsir, U. D. (2024). Pengaruh Strategi Digital Marketiing di Shopee Terhadap Minat Beli Generasi Z. Equivalent : Journal Of Economic, Accounting and Management, 3(1), 16–25. http://jurnal.dokicti.org/index.php/equivalent/index

Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83.

Suparwi, S., & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 253–272. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8764

Tresnasih, M. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Layanan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee(Studi Pengguna Marketplace Shopee di Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA), 1(4), 403–408.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi, dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan , 3(4), 392–

403. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4

Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022). Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Iklan, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang) Effect of Brand Image, Advertising Attractiveness, and Celebrity Endorser To Purchase Decision MS Glow (Study on MS Glow Customers in Semarang City). In: Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5.

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Mita Nurmala, Transistari, R., & Lazuardy, I. T. (2025). Pengaruh Price, Poduct Knowledge, Online Customer Review, dan Brand Image terhadap Pembelian Sunscreen Azarine oleh Generasi Z pada E-commerce Shopee. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(2), 163–183. Retrieved from https://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/634

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.