Dampak Pemasaran Digital pada Keputusan Pembelian: Analisis Peran Celebrity Endorser, Content Marketing, dan Online Customer Review di TikTok Shop

Indonesia

Authors

  • Elvina Adelia Marta Sugiyanto STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Resmi STIM YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Alivia Meyrizka Utami Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Celebrity Endorser, Content Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Seberapa besar pengaruh celebrity endorser, content marketing, dan online customer review dalam mendorong konsumen membeli produk fashion di TikTok Shop? Penelitian ini menjawab pertanyaan tersebut dengan menganalisis data primer dari 110 responden yang dikumpulkan melalui kuesioner. Menggunakan analisis regresi linear berganda (IBM SPSS Statistic 25), hasil studi menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut tidak hanya memiliki hubungan yang positif, tetapi juga signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini penting bagi para pelaku bisnis fashion yang ingin mengoptimalkan strategi pemasaran mereka di TikTok Shop, menunjukkan bahwa kombinasi dari dukungan selebritas, konten yang menarik, dan ulasan positif dapat menjadi kunci keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, M. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Elektronic Word of Mouth terhadap Pembelian pada Pengguna E-Commerce Shopee di Indonesia. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 1–5.

Anggraini, W., Permatasari, B., & Putri, A. D. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Jurnal TECHNOBIZ, 6(2), 86–96.

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama.

Bramantya, Y. B., & Jatra, M. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1745–1771.

Cahya, A. P. P., & Suyono. (2023). Pengaruh Konten Marketing dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 3(4), 629–636.

Clemente, M. N. (2002). The Marketing Glossary: Key Terms, Concept and Applications. New York: Clemente Communication Group.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17–32.

Fadhilah, M., Cahyani, P. D., & Rahmawati, D. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian melalui Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Online Customer Review pada Produk Fashion di Shopee (Studi pada Konsumen Marketplace Shopee). J-MAS Jurnal Manajemen dan Sains, 8(1), 135–142.

Fatika, R. A. (2024). 10 Negara dengan Pengguna TikTok Terbesar, Indonesia Urutan Berapa? Data Goodstats. https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-dengan-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-urutan-berapa-xFOgI

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga dan Desain Produk yang dimediasi oleh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Shopee. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 91–110.

Gabriella, C., & Hutauruk, B. M. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Bekasi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 143–154.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair JR, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (Seventh Ed). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

https://freepnglogo.com/logos/tiktok-shop. (2024). Freepnglogo.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Kecil Menengah di Media Sosial. Al-Kalam, 11(1), 69–81.

Hutapea, R., & Nofrizal. (2023). The Influence of Celebrity Endorsers, Electronic Word of Mouth and Social Media on Purchasing Decisions for Ms Glow Products at Lazada. Jurnal Daya Saing, IX(III), 797–806.

Ismail, H. A., Suhaji, & Pradono, N. S. (2023). Brand Awareness dan Celebrity Endorser dalam Memediasi Pengaruh Shopping Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 7(1).

Koesoemaningsi, R. (2013). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Pendidikan pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi. Media Soerjo, 13(2), 1–21.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall Inc.

Limandono, J. A., & Dharmayanti, D. (2018). Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing terhadap Customer Engagement dengan Sosial Media Marketing sebagai Variabel Moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1).

Mardiana, A. (2023). Apa itu TikTok Shop? Ini Definisi dan Alasannya Ditutup di Indonesia.Katadata.Co.Id.https://katadata.co.id/ekonopedia/profil/651d7407150c9/apa-itu-tiktok-shop-ini-definisi-dan-alasannya-ditutup-di-indonesia

Meydila, R. P., & Cempena, I. B. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Content Marketing dan Price Discount terhadap Impulse Buying Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop (Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Surabaya). Neraca Manajemen Ekonomi, 6(9), 1–14.

Milhinhos, P. R. V. (2015). The Impact of Content Marketing on Attitudes and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case of Video & Tutorials and User Generated Content. Brazilian School of Public and Business Administration.

Muhani, & Sabillah, H. S. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Word of Mouth, Kualitas Website, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3).

Mukhlis, I. R., Ratnawita, Oktaviani, D., Solihin, D. A., Agustiani, I. N., Akrom, N. K., Mardiana, S., & Riana, N. (2023). Digital Marketing Strategy: Panduan Praktis & Strategi Pemasaran Digital Terkini. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nainggolan, R., & Purba, E. (2019). Perbaikan Performa Cluster K-Means menggunakan Sum Squared Error (Sse) pada Analisis Online Customer Review terhadap Produk Toko Online. Jurnal Times, VIII(2), 1–8.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167 – 176.

Putra, A., Puspita, V., & Safrianti, S. (2024). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Tik Tok Shop di Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Bisnis, 13(2), 133–142.

Ramadhan, B., & Lailla, N. (2024). Pengaruh Content Marketing, Live Steraming dan Co-Branding terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Studi pada Produk Fashion Erigo). Indonesian Journal of Economics, Management, and Accounting, 1(2).

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z terhadap Fitur Tiktok Shop pada Aplikasi Tiktok. TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5), 131–140.

Sari, I. N. (2023). Sejarah TikTok dari Aplikasi Negeri Panda hingga Mendunia. Katadata.Co.Id.https://katadata.co.id/amp/ekonopedia/profil/6404f5c3ce775/sejarah-tiktok-dari-aplikasi-negeri-panda-hingga-mendunia

Sari, I. N., & Manurung, H. P. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung di Kabupaten Asahan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan). Jurnal Manajemen & Ekonomi Sains, 1(2), 1–9.

Sari, I., Rinawati, T., & Rizkiana, C. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Online Customer Review (OCR) terhadap Keputusan Pembelian melalui Shopee. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(2), 160–169.

Schepers, M. (2015). The Impact of Online Consumer Reviews Factors on The Dutch Consumer Buying Decision. In IBA Bachelor Thesis Conference, University of Twente.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. (Edisi 5.). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.

Syarifah, I., Azis, A., & Netty Lisdiantini. (2022). Pengaruh Soft Selling dalam Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 6(1), 48–56.

Winarso, B. (2021). Apa Itu TikTok dan Apa Saja Fitur-fiturnya? https://cms.dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok/

Wiska, M., Resty, F., & Fitriani, H. (2022). Analisis Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Manajemen Dewantara, 6(2), 153–162.

Wiyono, G. (2011). 3 in One Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 dan Smart PLS 2.0 (edisi 1). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Marta Sugiyanto, E. A., Resmi, S., & Utami, A. M. (2025). Dampak Pemasaran Digital pada Keputusan Pembelian: Analisis Peran Celebrity Endorser, Content Marketing, dan Online Customer Review di TikTok Shop: Indonesia. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(2), 200–211. Retrieved from https://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/630

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.