Pengaruh AGI Shopping Motives pada Pembelian Impulsif dengan Jelajah Internet sebagai Pemediasi

Siska Putri Noviantari, Conny Tjandra Rahardja

Abstract


Penelitian ini menggunakan AGI shopping motivation menjadi variabel independen, pembelian impulsif menjadi variabel dependen dan jelajah internet menjadi variabel mediasi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form dengan data yang diperoleh sebanyak 320 responden. Purposive sampling merupakan tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini, dengan mengambil konsumen yang telah melakukan belanja online minimal enam kali dalam satu tahun. Metode yang digunakan dalam pengolahan data adalah structural equation model (SEM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motif AGI pada pembelian impulsif yang dimediasi oleh kegiatan jelajah internet. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) motif AGI memiliki pengaruh positif dan signifikan pada pembelian impulsif, (2) motif AGI memiliki pengaruh positif pada jelajah internet, (3) jelajah internet memiliki pengaruh positif pada pembelian impulsif, dan (4) jelajah internet adalah pemediasi parsial hubungan antara motif AGI dengan pembelian impulsif.


Keywords


pembelian impulsif; jelajah internet; motif belanja AGI

References


Akram, U., Hui, P., Khan, M. K., Yan, C., & Akram, Z. (2018). Factors affecting online impulse buying: Evidence from Chinese social commerce environment. Sustainability, 10(2), 352. https://doi.org/10.3390/su10020352

Bakırtaş, H., & Divanoğlu, S. U. (2013). The effect of hedonic shopping motivation on consumer satisfaction and consumer loyalty. International Journal of Asian Social Science, 3(7), 1522-1534. Retrieved from https://archive.aessweb.com/index.php/5007/ article/view/2511

Bohang, F. K. (2018, February 22). Berapa Jumlah Pengguna Internet di Indonesia? Retrieved February 28, 2020, from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/ 16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia

Cinjarevic, M., Tatic, K., & Petric, S. (2011). See it, like it, buy it! Hedonic shopping motivations and impulse buying. Economic Review: Journal of Economics and Business, 9(1), 3-15. http://hdl.handle.net/10419/193794

CNN Indonesia. (2019, February 4). Netizen Indonesia Paling Gemar Belanja Online. Retrieved February 28, 2020, from CNNIndonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190201173813-185-365769/netizen-indonesia-paling-gemar-belanja-online

El, H. K., Zourrig, H., & Chebat, J. C. (2016). Shopping Well-Being: Is it Just a Matter of Pleasure or Doing the Task? The Role of Shopper's Gender and Self-Congruity. Journal of Retailing and Consumer Services, 1-13.

Foroughi, A., Buang, N. A., & Sherilou, M. (2011). Exploring Impulse Buying Behavior Among Irainian Tourists In Malaysia. International Converence on Business and Economic Research, 625-631.

Gültekin, B., & Özer, L. (2012). The Influence of Hedonic Motives and Browsing On Impulse Buying. Journal of Economics and Behavioral Studies, 4, 180-189.

Jamal, A., Davies, F., Chudry, F., & Al-Marri, M. (2006). Profiling Consumers: A study of Qatari Consumers’ Shopping Motivations. Retailing and Consumer Services, 67-80.

Japarianto, E. (2013). Analisa Faktor Type Hedonic Shopping Motivation dan Faktor Pembentuk Kepuasan Tourist Shopper di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 76-85.

Lidwina, A. (2021, April 21). Databoks. Retrieved from Databoks Katadata: databoks.katadata.co.id

Lumintang, F. F. (2013). Pengaruh Hedonic Motives terhadap Impulse Buying melalui Browsing, dan Shopping Lifestyle pada Online shop. Surabaya: Widya Mandala Catolic University.

Mamuaya, N. I., & Pandowo, A. (2018). The Effect of the Situational Factor, Store Atmosphere, and Sales Promotion on Hedonic Shopping Motivation and Its Implication on Supermarket Consumer Impulsive Buying in Manado City. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), 13(2), 1-11.

Muruganantham, G., & Bhakat, R. S. (2013, April 22). A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, V, 1-12.

Ozen, H., & Engizek, N. (2013). Shopping Online Without Thinking: Being Emotional or Rational? Asia Pasific Journal of Marketing and Logistics, 78-92.

Park, E. J., Kim, E. Y., Funches, V. M., & Foxx, W. (2012). Apparel Product Attributes, Web Browsing, and E-impulse Buying on Shopping Websites. Journal of Business Research, 65(17), 1583-1589.

Sukiwun, H., Samuel H, & Brahmana. (2014). Pengaruh Fasilitas Media Facebook Terhadap Product Browsing melalui Utilitarian Motive dan Hedonic Motive. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.35917/tb.v23i1.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2541-6790. joomla visitors View My Stats